April 28, 2017

Berkah di Hari Jumat: Lulus Sidang Skripsi



I HAD MY THESIS DEFENSE TODAY.
I JUST FINISHED IT. OMG I DID IT!!!

HOAAAAAAAAAAAH. Hahahaha. Alhamdulillah. Satu lagi check-point dalam hidup berhasil diselesaikan dengan baik. Alhamdulillah, saya berhasil menyelesaikan mata kuliah paling akhir, yaitu skripsi. Pagi hari Jumat yang indah ini, 28 April 2017, saya telah melaksanakan sidang skripsi dan sidang komprehensif.

Di kampus saya, FEB Unair, pagi hari ini disediakan tiga ruangan ujian akhir untuk mahasiswa S1 Akuntansi. Setiap ruangan terdiri dari empat mahasiswa yang akan melaksanakan sidang dan lima dosen penguji. Di ruangan saya, ketiga mahasiswa lainnya adalah senior saya AKS1 2012, saya satu-satunya yang angkatan 2013. Beruntungnya mereka juga baik-baik hahaha jadi kami bisa saling berkoordinasi hari ini. Kelima dosen penguji terdiri dari empat dosen pembimbing masing-masing dari kami, dan satu lagi Kaprodi (Kepala Program Studi) kami.

Sidang akhir ini dimulai dari jam 08.30 pagi sampai 12.00, persis sebelum adzan Sholat Jumat berkumandang. Kami bergantian masuk ke ruang ujian untuk sidang skripsi dan sidang kompre. Masing-masing dari kami menghabiskan waktu 45 menit untuk seluruh rangkaian sidang ini. Sidang skripsi memberikan kami kesempatan untuk mempresentasikan hasil skripsi kami. Mulai dari latar belakang, rumusan masalah, sampai ke pembahasan dan solusi yang kami tawarkan. Skripsi ini adalah hasil karya tulis kami yang kami persiapkan sejak awal semester lalu. Sidang kompre adalah saat dimana para dosen penguji dipersilahkan memberikan pertanyaan ke peserta ujian tentang apapun, mata kuliah apapun, dari pelajaran semester berapapun, yang berkaitan dengan program studi Akuntansi kami. Kalau sidang skripsi kami masih bisa mengarahkan pertanyaan karena terfokus pada tema skripsi yang kami bahas, sidang kompre menjadi saat kami bisa dikejar terus-menerus sampai dosen penguji puas atas pengetahuan kami.

Pagi tadi, saya menjadi orang kedua yang masuk ke ruang sidang. Rasanya tuh.. deg-degan hahaha. Nervous sekali. Seperti biasanya, kalau saya nervous yang terjadi adalah saya akan bicara semakin cepat, bukannya malah bengong atau bingung. Jadi, presentasi skripsi saya cukup cepat hahaha. Gatau itu untung atau rugi, jadi sisa waktu yang cukup banyak itu digunakan untuk tanya jawab. Tanya jawab baik untuk tema skripsi atau pengetahuan apapun tentang akuntansi yang sudah saya pelajari hampir empat tahun belakangan ini. Alhamdulillah-nya, saya bisa jawab satu per satu dengan baik. Ngga baik-baik banget juga sih hahaha cuma kan saya cukup pintar buat ngomong ya, jadi yaaa bisa lah satu-satu permasalahan itu saya selesaikan haha. Suasana di ruang sidang juga tidak seseram yang biasa digambarkan orang lain. Beruntungnya juga saya juga kenal baik dosen-dosen pengujinya, karena beberapa juga sering mengajar kelas saya. Sehingga, alhamdulillah, saya mendapatkan nilai A untuk mata kuliah skripsi yang bernilai 6 SKS ini. Dan sekali lagi, alhamdulillah, saya resmi lulus dan mendapatkan gelar sarjana dari Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Alhamdulillah. Setelah tiga tahun delapan bulan menjadi mahasiswa, tujuh semester berlalu, puluhan mata kuliah dipelajari, 144 SKS diselesaikan, dan seluruh tugas dan ujian yang tidak terhitung lagi, saya sudah berada di garis finish. Tidak hanya itu, juga setelah dua periode berorganisasi di jurusan, dua kali mengikuti leadership development program, dua kali magang di instansi pemerintahan dan perusahaan, tiga kali menjadi delegasi kampus ke konferensi internasional, belasan kali berlomba di skala nasional, berkali-kali mengikuti kegiatan sosial, dan juga beberapa prestasi lainnya, alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. Tidak semuanya selancar itu, ada saja yang bentrok, ada saja yang harus dikorbankan, ada saja yang gagal, namun semuanya beriringan membentuk sebuah keseimbangan yang baik. Dengan usaha yang sungguh-sungguh, berani memilih dan memberi prioritas, banyak berdoa, dan dengan adanya orang-orang baik di sekeliling saya, semuanya menjadi memori indah selama masa kuliah.

Terima kasih Allah atas kemudahan yang diberikan, dan atas indahnya jalan perjuangan yang kau gariskan. Dan juga, terima kasih kepada orang-orang terkasih, yang sudah dengan penuh perasaan saya tuliskan namanya satu per satu di kata pengantar skripsi saya (hahaha). Terima kasih mama, papa, mba Ocha, mas Ido, keluarga terkasih, dan juga teman-teman baik yang selalu ada, memberi semangat, dan menyematkan doa. Tentunya juga teman-teman yang sudah memberi selamat dan seluruh bunga-bunga indah langsung setelah keluar dari ruangan sidang. Tak ada lagi yang ingin kubagi kepada kalian semua hari selain ucapan terima kasih yang tulus dan senyuman bahagia atas indahnya hari ini. Terima kasih semuanya!






Alhamdulillah,
Alhamdulillah,
Alhamdulillah..
Satu lagi berkah di hari Jumat.


Adelia Budiarto.
SHARE:

No comments

Post a Comment

Blogger Template Created by pipdig