December 7, 2018

How I Found Myself Approaching the End of the Year



Halo, selamat sore!

Sore ini saya lagi ga banyak kerjaan nih, atau lebih tepatnya kurang kerjaan sih, makanya bisa nulis-nulis random. HAHAHA. Minggu ini rasanya saya banyak ngeluh banget. Diawali Senin malam kemarin harus flight balik ke Jakarta dan ninggalin rumah. Ditambah, saya tuh di rumah cuma tiga hari, weekend dan Senin-nya yang saya ambil cuti. Dan yang bikin double bete, sesampainya saya di kantor kemarin Selasa, senior saya bilang kalo bookingan saya direlease karena kliennya belum siap. Kan gemes ya. Yang gini ini kadang bikin saya geleng-geleng. Kalo emang belum pasti akan ngerjain klien tersebut, kenapa saya udah di-book aja dari jauh-jauh hari, sih? Niatnya mau book resources in advance jadi ga ke-utilise. Tau gitu kan, saya juga cutinya bisa banyakan, dan bisa di rumah dulu agak lamaan. Jadilah malah saya cuti cuma sehari, terus empat hari sisanya di kantor saya gaada kerjaan. Zbl.

Udah ga keitung berapa kali saya ngeluh-ngeluh bete dari kemarin karena gaada kerjaan. Terus sampe saya mikir sendiri, “Kenapa saya harus bete karena gaada kerjaan ya? Kan sebenernya enak?”.

Iya ya, kenapa ya? Terus saya coba buka retain, semacam tabel yang mensummary booking-an kerjaan tiap orang dalam satu periode di KAP tiga huruf ini. Lalu saya tersadar, bahwa dari awal tahun 2018 sampai hari ini, ga ada satu hari pun saya ga ada bookingan untuk kerjaan, kecuali di hari libur. Bahkan selama 2018 ini, saya memang memakai 13 hari cuti, namun itu 5 hari untuk kegiatan PK LPDP yang mana ya full aktivitas dalam seminggu, dan 8 hari sisanya cuti lebaran. Selebihnya, saya kerja terus layaknya kuda pacu selama setahun.

Jadi benar bahwa ketika manusia sudah terbiasa melakukan suatu hal berturut-turut, akan timbul rasa aneh atau janggal ketika kebiasaan itu berubah. Sama halnya ketika jaman kuliah dulu, mahasiswa mendapat jatah libur semester sampai dua atau tiga bulan dimana kerjaannya ya tidur, makan, dan jalan-jalan. Waktu udah masuk ke awal semester baru, kagok lagi deh disuruh kuliah dan belajar lagi. Ini juga kejadian di diri saya sekarang. Awalnya saya kira bekerja terus menerus akan berujung pada kejenuhan. Ya iya sih ada jenuhnya juga. Tapi, ketika udah hampir 11 bulan dalam setahun saya setiap hari terbiasa bekerja, sekarang saya amat sangat ganjal ketika diberi satu minggu available time.

Dibaca-baca lagi, jadi kesel juga ya hahahaha. Padahal kalo lagi kerja, lagi peak season, rasanya udah kaya zombie capek banget mau istirahat. Tapi kok pas udah dikasih bonus gitu seminggu gaada bookingan klien, malah jadi minta-minta kerjaan. Huahahaha. Setelah ku telaah, hal ini wajar kok. Studi UCL (University College London) juga stated bahwa dibutuhkan rata-rata 66 hari untuk membentuk kebiasaan baru, hal ini dikarenakan sifat manusia adalah cepat merasa nyaman sehingga susah untuk shifting. Susah ya emang manusia, ribet, banyak maunya. Pas beres liburan males banget mau kerja, eh pas lagi gaada kerjaan, doi nyari-nyari hal buat dikerjain. Luar biasa.

Anyway, setelah baru aja menengok kalender duduk yang ada di meja, ternyata ini udah akhir tahun aja ya. Udah Desember aja, cuy! Cepet banget gak sih. Bahkan tidak meningkat banyak dari tahun 2017 kemarin, tahun ini saya cuma bisa ngobrol empat kali di blog ini. Niat saya buat elaborate LPDP di postingan sebelumnya aja, ga berlanjut banyak. Udah direncanain mau lanjut bahas seleksi substansi dan PK-nya, eh ya ga kejadian juga. Ada aja alasan untuk tidak menulis. Emang setiap rencana butuh niat yang bulat ye, kalo ngga jadinya begini. Ehehe. Lagian ya, ga kerasa ga sih tahun ini udah mau abis aja? Udah penghujung tahun banget aja tiba-tiba. Kerasa ga sih?

Karena kalo aku sih, ngga kerasa astaga cepet amat!

Seperti yang ku ceritakan di atas, hampir 47 dari 52 minggu di tahun ini ku habiskan dengan bekerja. Bener-bener ga banyak yang bisa aku lakukan selain bekerja. Hal ini ya karena pekerjaanku juga sebagai auditor pun konsultan yang mengikat, dan juga belum adanya ‘target’ lain untuk dikerjakan. Di awal tahun aku udah coba menuliskan hal apa-apa aja yang mau aku buat visible di tahun ini, dan emang mostly tahun 2018 ini ku dedikasikan untuk ‘bekerja’. Untuk tahu dan punya pengalaman kerja di kota besar ini gimana sih. And I think I wrapped it well. Saya punya rencana memang untuk bekerja sekitar dua tahun, baru dilanjutkan untuk kuliah, dan niatnya nanti bisa end up jadi dosen aja. Ini sudah berjalan satu setengah tahun, saya juga dapat rating bagus ketika promote kemarin, dan saya udah punya pegangan beasiswa LPDP untuk kuliah nanti. Jadi tahun ini, memang ku dedikasikan seperti ini. And it seems good, things going well, and I happy of that.

Even kadang-kadang iri juga ya sama teman-teman yang udah bisa kuliah lanjut duluan, bisa pindah-pindah kerjaan karena high demand, udah nikah dan ngebangun keluarga, punya usaha yang berkembang, atau mereka yang aktif conference di sana sini. Meanwhile saya masih berkutat sama data dan kadang weekend masih harus kerja. Huahahaha.

Cuma, saya percaya hidup itu adil kok. Semua orang berada dalam siklus hidupnya masing-masing. Semua orang berproses dengan cara dan waktunya masing-masing. Gaada yang tahu juga kan kalau orang-orang diluar sana itu punya masalah mereka sendiri. Mungkin dari semua pencapaian dan kebahagiaan yang sekarang ini rajin dibagikan di feeds akun Instagram, mereka lagi struggle dengan urusannya masing-masing. Gaada yang tau kalo ada orang-orang di luar sana yang mungkin punya masalah lebih besar dari kita sekarang. Mungkin ada yang lagi rindu banget sama keluarganya karena jarang di rumah, mungkin ada yang lagi berjuang ngelawan penyakit, mungkin ada yang lagi dealing dengan pasangannya tentang kelanjutan hubungan, mungkin ada yang baru terkena bencana, atau mungkin ada sedang amat sangat butuh pekerjaan tetap untuk menghidupi diri.

Masak ya saya tega harus ngeluh-ngeluh sendiri (atau bahkan sama yang di atas) hanya karena masalah yang mungkin, immaterial? Kadang emang butuh keluar dari gedung-gedung tinggi di kawasan Sudirman dan SCBD ini, dan coba lebih memperhatikan orang-orang lain yang sedang berjuang di jalanan Jakarta. Lihat dan ngobrol sama Bapak yang jualan koran di pinggir jalan, mas-mas yang jaga pintu transjakarta, Ibu-ibu yang jualan makanan setiap pagi di atas jembatan penyebrangan, abang-abang gojek, atau orang lain yang kadang dipandang orang ‘kecil’ namun mereka mungkin punya masalah pun rasa sabar dan syukur yang lebih besar dari kita.

Emang kadang juga perlu keluar dari kebiasaan mantengin Instagram dan Youtube dimana aja, dan coba spend waktu beberapa menit itu dengan ngelakuin hal-hal kecil tapi bisa buat kita, pun mereka di sekitar kita, lebih bahagia. A simple act kaya beliin air minum ketika minta abang gojek berhenti sebentar di Indomaret, nelpon papa atau mama duluan ngabarin kita lagi apa, treat free foods buat strangers yang emang membutuhkan, ngedengerin dan support temen kita yang lagi butuh tanpa ribet megang handphone sendiri, atau simply senyum dan nyapa duluan orang-orang yang kamu kenal. Berbuat baik emang ga akan ada ruginya, ga sih? Tapi emang susah buat mulainya, hahahaha.

--

Sehingga, semoga kalian di luar sana selalu diingatkan untuk mensyukuri hal-hal sederhana yang terjadi setiap harinya. Mensyukuri diri yang memiliki tubuh yang masih sehat, bisa makan dan minum dengan cukup, memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan setiap harinya, dan juga masih memiliki keluarga serta orang-orang tersayang disekeliling kita. Baiklah haha! Cukup sekian untuk kali ini, semoga tidak ada ngeluh-ngeluh selanjutnya ya.  Semoga setiap keluhan bisa digantikan dengan ucapan hamdallah. Sampai jumpa!

Eh iya, jadi menurut kamu kerasa cepet banget atau ngga sih tahun 2018 ini berlalu?


Cheers,
D.
SHARE:

No comments

Post a Comment

Blogger Template Created by pipdig