May 22, 2017

Seratus Dua Puluh Lembar-ku dalam Lima Bulan


Ternyata, menulis itu susah. Apalagi menulis skripsi. Hahahaha. 

Tapi sungguh, kagum sekali diri ini pada penulis-penulis di dunia ini. Baik yang tulisannya ada di media cetak seperti koran, majalah, apalagi buku, pun yang ada di media online seperti blog (yang rajin ditulis), berita, dan jurnal. Hebat sekali untuk bisa konsisten dan berhasil menyampaikan ide dan gagasannya dalam sebuah tulisan.


Saya saja yang hanya menulis seratus halaman skripsi.. rasanya udah tidak karuan. Hahahaha. Yang sebenarnya bikin mixed feelings atas skripsi ini adalah deadline dan alokasi waktu. Saya harus mengambil semester delapan untuk menyelesaikan skripsi ini. Iya nih, saya ga jadi tiga setengah tahun, karena selain peraturan jurusan yang membuat kami tidak bisa selesai di semester tujuh, juga karena masih ada kesibukan lain. Meskipun sudah tidak ada mata kuliah lain, masih ada fokus-fokus lain yang harus saya selesaikan di akhir 2016 dan awal tahun 2017 ini. Mulai dari menyelasikan tanggung jawab di Beswan Djarum, YLI National Wave 8, Guk Yuk Sidoarjo, beberapa kompetisi lain, merintis Lingkar Sinergi, dan juga yang paling menyita waktu: magang di BP Indonesia.


Selain kesibukan yang saya sebutkan di atas, saya memulai magang saya yang kedua kalinya dalam hidup ini di British Petroleum Indonesia di Jakarta. Bukannya hanya magangnya, saya juga akhirnya merasakan benar-benar merantau di kota orang. Bukan lagi ngekos di depan kampus karena jarak ke rumah yang jauh, tapi benar-benar hidup di Ibu Kota sendirian selama tiga bulan. Sejak Februari sampai Mei, saya hidup mandiri untuk magang di BP dan juga dengan tetap mengusahakan skripsi saya. Saya harus ldr-an sama dosen pembimbing saya di Surabaya. Saya meninggalkan Surabaya di awal Februari yang masih stuck di Bab 3, tapi paling tidak rumusan masalah dan metode penilitian sudah sama-sama disetujui. Saya merapikan lagi, melakukan tabulasi, mengkalkulasikan data saya di sistem, dan menulis pembahasan skripsi saya di Jakarta, secara jarak jauh dan minim komunikasi dengan dosen pembimbing. Hanya melalui email, itu pun sesekali.

Saya sempat pulang ke Surabaya dua kali, yang pertama untuk menyetorkan hasil skripsi saya, yang semacam sudah lamaaa sekali sebulan lebih tidak bimbingan eh tiba-tiba datang sudah bawa pembahasan aja. Hahahaha. Untungnya, dosen pembimbing saya, Pak Andry, ini pengertian dan paham situasi saya. Beliau juga dosen yang kekinian, meskipun beliau sudah berusia lebih, tapi sangat menerima komunikasi melalui whatsapp dan email. Kepulangan pertama saya pun menghasilkan Bab 1 sampai 5 yang di-ACC. Kepulangan saya yang kedua fokus untuk daftar sidang. Iya nih, daftar sidang aja ongkosnya PP Surabaya-Jakarta. Hahahaha. Ini mulai dari menyelesaikan the whole skripsi yang siap cetak, segala persyaratan sidang, dan lain-lainnya. Belum lagi drama-drama lain, seperti: Sertifikat Bahasa Inggris. Ah sudah lah, hahaha biarkan jadi cerita bersama teman-teman seangkatan saja. (Apa maunya sih, Del..).

Alhamdulillah, sesuai cerita bahagia berhasilnya saya sidang di sini, saya berhasil menyelesaikan segala perjuangan penulisan skripsi ini. Dan alhamdulillah, skripsi saya sudah lengkap di print tiga rangkap, di jilid hardcover, dibuatkan CD-nya, dan siap dikumpulkan sebagai persyaratan yudisium. Hari ini, dia duduk manis di bangku penumpang mobil saya, berjalan-jalan mengelilingi Kota Surabaya yang indah. Satu sudah saya setor ke Jurusan, satu ke perpustakaan, dan satu lagi untuk bacaan di rumah hahaha.

Foto di atas adalah buktinya.
Itu dia bentukan lembaran kertas penuh harapan milikku. Setelah berbulan-bulan terlewati dan puluhan komentar pun revisi dari dosen pembimbing, cerita indah tentang skripsi ini selesai. Terima kasih, sudah mewarnai hari-hariku dan selalu ada di pikiranku selama ini. Semoga ini adalah cerita perpisahan terbaik kita ya. Semoga kamu juga bermanfaat bagi orang lain nantinya, skripsi-ku!

Karena adanya harapan agar skripsi ini bermanfaat, silahkan cek tautan di bawah ini untuk melihat dan membacanya. Kalau-kalau kamu anak akuntansi dan membutuhkannya. Terima kasih!



Dengan penuh keceriaan hati,
Adelia Budiarto.
SHARE:

No comments

Post a Comment

Blogger Template Created by pipdig